Depan Penyuluhan Adaftasi Kebiasaan Baru ( AKB ) di Desa Bungurberes

Penyuluhan Adaftasi Kebiasaan Baru ( AKB ) di Desa Bungurberes

Bungurberes, - Pemerintah Desa Bungurberes menggelar rapat Penyuluhan Adaftasi kebiasaan baru di Desa Bungurberes, bersama Masyarakat desa Bungurberes  di Balai Desa Bungurberes , Kamis (09/06/2021) siang.
Rapat tersebut dipimpin oleh Kepala Desa Bungurberes . Sapri Hadisaputra. 
Dalam rapat evaluasi tersebut, disampaikan bahwa Desa Bungurberes  merupakan daerah dengan penanganan Covid-19 yang mampu menekan angka reproduksi terbaik. Hal itu tidak menutup kemungkinan jika Bungurberes dalam waktu dekat melaksanakan adaptasi kehidupan baru.
 
Sapri Hadisaputra menjelaskan, ada ‎5 unsur untuk dapat melaksanakan pola kebiasaan baru. Yang pertama adalah gerakan sosialisasi dan pelaksanaan agar masyarakat berperilaku pola hidup bersih dan sehat (PHBS).
 
Masyarakat harus rajin menjaga kebersihan lingkungan, kebersihan tubuh dengan rajin mencuci tangan dengan sabun, menggunakan masker saat berkegiatan di luar ruangan serta mengonsumsi makanan bersih dan bergizi, serta tidak merokok dan mengurangi rokok bagi perokok.
 
Lalu, yang kedua adalah optimalisasi peran puskesmas‎. Dijelaskan Sapri Hadisaputra, Puskesmas merupakan fasilitas kesehatan yang paling dekat dengan masyarakat. Peran utama puskesmas bukan hanya mela‎yani pengobatan dasar. Dijelaskan Sapri Hadisaputra, ‎peran utama puskesmas adalah upaya kesehatan masyarakat. Peran epidemiologis di Puskesmas ini sangat penting. Tak hanya mengendalikan Covid-19 saja.
 
Dalam rapat tersebut, Kepala Desa juga memaparkan bahwa Desa Bungurberes  bersama aparat gabungan dan gugus tugas sudah meninjau beberapa titik tempat jelang pelaksanaan adaptasi kebiasaan baru. Diantaranya  wajib mengikuti protokol kesehatan.